Siapa sih yang gak suka cokelat? Cokelat merupakan salah satu makanan yang populer di seluruh dunia dan digemari banyak orang. Saking populernya, setiap tanggal 07 Juli diperingati sebagai hari cokelat sedunia atau biasa disebut dengan Worlds Chocolate Day. 

Pada hari cokelat sedunia, kamu boleh makan cokelat sebanyak-banyaknya dan  memberikan cokelat kepada orang di sekelilingmu lho! Tapi penasaran kan, gimana sih awal mula cokelat bisa punya hari perayaannya sendiri?

Awal Mula Munculnya Hari Cokelat Sedunia

Hari Cokelat Sedunia mulai dikenal pada tanggal 07 Juli sejak tahun 2009, hari itu sekaligus sebagai bentuk perayaan dan penghargaan untuk penemuan kuliner cokelat di dunia. Hal ini untuk memperingati diperkenalkannya cokelat ke wilayah Eropa, yaitu pada tanggal 07 Juli tahun 1550. Setelah cokelat sampai di benua Eropa, cokelat pun tersebar ke beberapa negara Eropa dan ternyata banyak orang yang menyukai olahan biji kakao tersebut.

Sebenarnya, Hari Cokelat Sedunia pun bukan merupakan satu-satunya perayaan hari cokelat, menurut sumber pada National Day Calendar, ada lebih dari 1.500 hari cokelat nasional yang dirayakan di berbagai dunia. Seperti contoh pada tanggal 10 Januari diperingati sebagai Bittersweet Chocolate Day, 28 Juli sebagai Milk Chocolate Day, dan 22 September sebagai White Chocolate Day.

Sejarah Cokelat di Dunia

Mengutip dari beberapa sumber, cokelat pertama kali dikonsumsi oleh bangsa Maya dan Aztec sebagai minuman para bangsawan. Suku Maya diperkirakan mulai mengonsumsi cokelat sekitar tahun 450-500 SM, pada masa itu cokelat dianggap sebagai status simbol yang penting. Namun, cokelat pada masa itu beda dengan cokelat yang kita kenal saat ini, dulu cokelat merupakan minuman pahit yang dipercaya dapat meningkatkan imun dan kesehatan. Baru kemudian pada awal mula abad ke-16, cokelat ditambahkan beberapa pemanis seperti madu dan gula untuk memberikan rasa manis. 

Di Eropa sendiri, cokelat pertama kali dikenalkan di negara Spanyol sebagai salah satu hadiah yang dibawa delegasi Kekchi dari Guatemala saat mengunjungi istana Spanyol. Seiring berjalannya waktu, popularitas cokelat di dunia makin terkenal dan semakin banyak permintaan atas cokelat. Barulah muncul pabrik cokelat seperti masa kini pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Cokelat pun semakin tersohor dan berkembang menjadi banyak jenis olahan, bukan cuma untuk minuman namun untuk olahan pastry serta ice cream.

Itu dia kilas balik sejarah cokelat di dunia dan awal mula tanggal 07 Juli diperingati sebagai Hari Cokelat Sedunia. Untuk memperingati Hari Cokelat Sedunia, kamu bisa kasih sweet reward ke orang-orang terkasih kamu lho! Siap-siap stok Chocodrink kamu dari sekarang yuk, beli Chocodrink melalui e-commerce favorit kamu lewat ‘Wings Official Store’ atau lewat minimarket & supermarket terdekat. Psst, kalian tau gak sih? Chocodrink dibuat dengan ekstra cokelat Belgia yang udah terkenal ke seluruh dunia akan kelezatan rasanya!

Coba deh seduh satu gelas Chocodrink buat mereka, jangan lupa take foto sebanyak-banyaknya pada hari tersebut! Kamu bisa ikut ngerayain Hari Cokelat Sedunia dengan menambahkan hasil foto kamu di fitur ‘Add to Your Story pada Instagram @chocodrink.id. Kumpulkan foto Chocodrink kamu sebanyak-banyaknya, karena bakalan ada sesuatu yang seru bareng Chocodrink. Stay tuned terus di Instagram @chocodrink.id ya!